Senin, 21 Juni 2010

tips supaya mudah bangun untuk sholat

Bagaimana mudah utk bangun solat malam???

Spoiler for tips pertama:
1. Makan malam yang sedikit sekadar alas perut supaya tidak lapar. Jika kita makan malam yang banyak ianya akan menyebabkan kita cepat mengantuk dan susah bangun dari tidur, sudah tentu kita akan terlebih tidur pula.


Spoiler for tips kedua:
2. Jangan tinggalkan tidur qailulah di siang hari.
dalam tradisi Islam, tidur siang merupakan sunnah, yang sudah diamalkan oleh Rasul Saw semenjak 14 abad yang lampau. Para ulama menyebutnya sebagai tidur qailulah. Kitab klasik yang menyinggung kebiasaan Nabi Saw ini adalah Misykatul Mashabih. Hanya saja, berbeda dengan motivasi orang Barat-modern yang menjadikan tidur siang (afternoon nap, siesta) sebagai “penggugah” kesegaran dan produktivitas tubuh (fisik), penunjang kesehatan, dan sejenisnya, dalam wawasan Islam tidur siang (qaiulah) adalah sebagai “barter” atau kompensasi atas ibadah yang akan dilakukan pada malam harinya. Jadi, ketika kita misalnya hari tidur siang dengan niat qailulah, tidak ubahnya kita mengambil jatah tidur kita nanti malam, karena pada malam hari nanti kita hendak berjaga demi beribadah kepada Allah.
Dengan kata lain, tidur qailulah ini merupakan hak bagi orang-orang yang gemar melakukan tahajud. Tidur mereka di malam hari dikurangi pada siang harinya. Akan tetapi, berjaga mereka di malam hari bukan untuk bergadang atau kegiatan lain yang tak bermanfaat, melainkan demi mengingat Allah: salat tahajud, berzikir, tadarus, dll.
Waktu qailulah adalah sehabis salat zuhur hingga waktu ashar, itu pun hanya sekadarnya saja, sekira dua puluh sampai tiga puluh menit. Umumnya kita tidur siang pada Ramadhan saja, dengan argument klise bahwa “tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah”, dan mungkin sama sekali tidak berkaitan dengan “persiapan” qiyamullail (tarawih)—karena kebiasaan kita tarawih sehabis salat isya (belum waktu tidur). Menurut sebuah riwayat, selama empat puluh tahun Imam Abu Hanifah tidur qailulah setiap hari, baik Ramadhan atau bukan. Akan tetapi, sebagai “kompensasi”-nya, Abu Hanifah tidak pernah tidur di malam hari; sepanjang malam beliau beribadah kepada Allah Swt.
Khalifah Umar bin Khattab suatu kali berkunjung ke Iskandariah, yang waktu itu gubernurnya adalah Mu’awiyah bin Khudaij. Dia melihat banyak orang yang tidur siang (qailulah). Akan tetapi, gubernur Mu’awiyah tidak melakukan hal demikian. Khalifah bergelar Al-Faruq itu berkata, “Aku pikir kamu ikut-ikutan tidur siang. Jika kamu tidur siang hari, kamu akan melalaikan hak rakyat. Tetapi jika kamu tidur malam hari, kamu akan melalaikan hak Allah. Lantas, bagaimana kamu membagi waktumu?”
Dari satu pandang tertentu (baca: kemaslahatan manusia), Umar seakan-akan hendak menegaskan, bahwa tidur qailulah bukanlah sesuatu yang prinsip, karena ada yang lebih penting dari itu, yakni menjalankan tugas dan kewajiban sebagai pelayan masyarakat. Wawasan ini tentu bisa menjadi kritik bagi kebiasaan para pejabat kita, yang justru mengantuk dan tidur di saat seharusnya dia menyelesaikan masalah-masalah rakyat. Dan kita tidak tahu, apakah mereka ngantuk, tidur, di dalam forum seperti itu disebabkan malam harinya beribadah, bertafakur memikirkan masalah umat, atau jangan-jangan dikarenakan kebanyakan bergadang yang tak bermanfaat, perutnya kekenyangan?


Spoiler for tips ketiga:
3. Mengetahui dan menginsafi benar-benar keutamaan solat malam dengan mentadabburi selalu ayat-ayat Qur’an dan hadis-hadis serta kisah-kisah salafussoleh berkenaan dengan bangun malam.


Spoiler for tips keempat:
4. Meningkatkan rasa cinta kepada Allah, rasa cinta yang sebenar-benarnya. Istiqamah dalam beribadah di waktu malam itu merupakan anugerah yang Allah berikan kepada kekasih-kekasih-Nya. Bersihkanlah diri dan hati daripada unsur-unsur syirik baik yang nyata atau yang tersembunyi, dan peliharalah ibadah sebelumnya, sesungguhnya seseorang yang berat beban dosanya dari amalan yang dilakukan sebelum tidurnya itu pasti memberatkannya untuk bangkit berkhalwah dengan Allah yang Maha Suci di malam hari.


Spoiler for tips kelima:
5. Jangan lupa pasang alarm. Kalau perlu alarm berlapis.


Artikel Yang Berhubungan

Comments :

0 komentator to “tips supaya mudah bangun untuk sholat”

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA SANGAT PENTING UNTUK MEMBANGUN BLOG T4 Ku INI MENJADI LEBIH BAIK LAGI, TERIMA KASIH UNTUK TIDAK SPAMMING!
YOUR COMMENT IS VERY IMPORTANT TO BUILD THIS T4 Ku BLOG BETTER, THANKS FOR NOT SPAMMING!

statistik

Followers

 

Copyright © 2009 by T4 Ku

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger